Home » » Bangga Menjadi Mahasiswa UT

Bangga Menjadi Mahasiswa UT

Anissa M Qurnaini (Ilmu Komunikasi)

BANGGA MENJADI MAHASISWA UT

Karya : Anissa M Qurnaini (Ilmu Komunikasi)
            (Juara Ketiga Lomba Menulis Artikel UT Pokjar Johor)
Penyunting : Endri Mardiansyah

Pengalaman merupakan guru yang terbaik, istilah inilah yang selalu menjadi acuan ketika kita sedang mengingat kembali kejadian yang telah kita alami. Selama kita bisa mengambil pembelajaran baik itu dari pengalaman baik ataupun dari hal buruk yang menimpa kita. Karena dari pengalaman kita bisa mengambil sikap untuk tidak mengambil jalan yang salah kembali.

Dalam menentukan suatu pilihan hidup untuk mencapai suatu kesuksesan tidaklah semudah yang kita bayangkan. Dahulu ketika masih duduk di bangku sekolah, kita membayangkan bahwa kehidupan setelah tamat dari sekolah akan jauh lebih menyenangkan. Seperti kita bisa mendapatkan uang sendiri, kemudian mengelolahnya sesuai keinginan kita, tanpa ada batasan dari orang tua, atau bisa bebas pergi kemana saja tanpa ada beban tugas yang membebani fikiran kita ataupun severe bertemu dengan jodoh yang kita inginkan. Intinya adalah, sukses itu memeliki karir yang baik, mapan dan dipertemukan dengan jodoh yang baik.

Setelah mengalaminnya barulah kita tahu bahwa semua itu berbeda jauh dengan kenyataan yang ada. Dalam dunia kerja seseorang terkadang melakukan cara apapun untuk mengamankan posisinya seperti melemparkan kesalahan kepada orang lain atau ketika kita risau memikirkan masa depan seperti harus menabung agar mapan atau dalam menentukan jodoh.

Perlahan namun pasti sikap dan fikiran dewasa seseorang akan muncul karena dipengaruhi pengalaman ataupun keadaan sekitar. Ketika saya sibuk mengejar kesuksesan yang dahulu saya kira hanya mengenai harta dan jodoh, saya merasa bahwa ada sesuatu yang kurang. Ya! kehidupan tidak akan sama seterusnya berjalan seperti ini pasti akan mengalami perubahan dan kita harus meningkatkan kualitas hidup, hal inilah yang memacu saya untuk melenjutkan pendidikan. Tentu saja dengan pilihan ini pasti akan timbul tantangan baru.

Untuk mencapai suatu peningkatan kita harus keluar dari zona nyaman kita saat ini.
Ya, saya harus melanjutkan pendidikan! dengan keyakinan yang kuat saya berusaha dan terus berdo’a agar dipermudahkan dalam tujuan baik ini. Akan tetapi, terkadang saya berfikir apakah bisa dengan keadaan saya yang sekarang ini? bisakah saya melanjutkan pendidikan? karena memang agak sulit kiranya selama 2 tahun ini saya akan menetap di luar negeri dan akan terikat dengan kontrak kerja yang saya harus penuhi segala peraturan dan kewajibannya sebagai seorang pekerja, sehingga tidak leluasalah ruang gerak saya saat ini.

Dimana ada kemauan disitulah ada jalan, akhirnya saya bertemu dengan seorang rekan satu pekerjaan ia berbagi informasi bahwa saat ini dirinya bekerja sambil melanjutkan pendidikan disebuah Universitas di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (FISIP) jurusan Ilmu Komunikasi. Setelah mendengar informasi ini, seketika keraguan saya hilang dan semakin yakin bahwa saya akan ada kesempatan untuk melanjutkan pendidikan.

Saya disarankan untuk mencari tahu langsung informasinya. Beberapa hari kemudian saya bersama 3 teman saya yang lain pergi menuju Konsulat Jenderal Republik Indonesia Johor Bahru (KJRI Johor Bahru). Disana kami bertemu dengan beberapa teman kemudian langsung bertanya mengenani Universitas Terbuka Kelompok Belajar Johor Bahru (UT Pokjar Johor). Kami langsung bertanya bagaiman caranya untuk mendaftar menjadi salah satu mahasiswa di Universitas luar biasa ini dan ternyata pendaftaran untuk mahasiswa baru semester ini sudah ditutup. Kami sangat kecewa tetapi jika memang sudah berjodoh halangan apapun akan ada saja jalan keluarnya.
Pendaftaran untuk gelombang pertama memang sudah ditutup tetapi ada gelombang kedua di bulan berikutnya.

Dan akhirnya kami berempat terdaftar sebagai mahasiswa baru angkatan 2015.2 dengan tiga orang mengambil jurusan Ilmu Komunikasi dan salah satu teman kami mengambil jurusan Manajemen. Tahun pertama kami lewati dengan biasa saja karena memang materi dasar masih banyak yang kami ingat ketika masa SMA dahulu, tetapi perasaan bangga tidak dapat kami tutupi karena terdaftar sebagai salah satu mahasiswa di Universitas yang luar biasa ini. Bayangkan saja kebanyakan status mahasiswa disini yaitu sebagai seorang pekerja kontrak sama seperti kami sehingga butuh perjuangan ekstra dalam belajar dan mengatur waktu yang tersedia.

Belum lagi jika ada kegitan diluar jadwal pembelajaran kami harus mengorbankan waktu, tenaga dan biaya lebih untuk memenuhinya karena memang kuliah tidak hanya sekedar belajar untuk mendapat nilai yang bagus tetapi pengalaman dalam berorganisasi dan bekerja dalam sebuah tim atau pengalaman lainnya yang memang tidak akan kita dapatkan di jam pelajaran saja.

Hal yang membanggakan lainnya adalah ketika kami semua mahasiswa UT Pokjar Johor sampai di KJRI Johor Bahru kami diwajibkan untuk berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar tanpa terkecuali, tetapi terkadang kami kikuk atau salah dalam berucap karena keseharian berbicara dalam bahasa melayu, dikarenakan memang kami berada di tanah melayu sehingga terbiasa dengan bahasa orang-orang disekitar kami. Disinilah tujuan dibudayakannya berbicara dalam bahasa Indonesia walaupun hanya sekedar dalam lingkungan KJRI Johor Bahru saja agar jangan sampai lupa terahadap bahasa sendiri dan senantiasa mengingat tanah air tercinta kita Indonesia. Menguasai lebih dari satu bahasa pun baik untuk perkembangan otak kita.
Dan banyak lagi kegiatan lainnya yang tidak bisa saya uraikan semuanya disini.Sungguh suatu kebanggaan menjadi salah satu diantara mahasiswa yang memiliki semangat para pejuang kemerdekaan ini. Semoga saja dengan tulisan ini semakin menambah rasa percaya diri kita dan lebih tekun lagi dalam belajar.
Ayo terus berpartisipasi untuk selalu memajukan Universitas Terbuka Pokjar Johor
Share this video :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. OPEN UNIVERSITY INDONESIA - JOHOR BARU - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger